Selasa, 14 Agustus 2012

English Club and Voluntary Program



Kegiatan English Club –“English For All” ini diadakan dalam rangka merespon keinginan mahasiswa dalam mempelajari dan menguasai bahasa Inggris terutama yang berkaitan dengan percakapan (conversation). Selain itu, terbentuknya program ini juga dilatarbelakangi oleh adanya keinginan untuk meningkatkan rasa kepekaan sosial para mahasiswa terhadap lingkungan sekitar dengan kegiatan Voluntary yang terdapat di dalamnya.



Grand Opening (Sabtu, 5 Mei 2012 @ Ruang Multimedia B1)
Kegiatan opening ini dilaksanakan sebagai sarana pengenalan mengenai program kerja English Club yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan BEM Kema FEB Unpad 2012 bekerjasama dengan EFECT (English for Economist). Di dalam opening tersebut peserta akan mendapatkan banyak wawasan dan info-info mengenai pertukaran pelajar ke luar negeri, beasiswa-beasiswa, dan bagaimana caranya agar berprestasi dengan bahasa Inggris. Selain itu ada pula talkshow dengan yayasan yang bergerak dalam bidang pengajaran terhadap anak-anak kurang mampu. Kemampuan bahasa Inggris pun bisa diaplikasikan dalam hal tersebut, dengan mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak.

Peserta memperhatikan jalannya acara.

Kang Ridwan, salah satu tutor dari komunitas Efect. Beliau merupakan Mahasiswa Berprestasi Unpad.

Talkshow dengan Teh Febe dan Kang Erfan. Mahasiswa-mahasiswa berprestasi dan merupakan student exchange.

Peserta sedang melakukan ice-breaking.


Weekly Forum

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan melibatkan BEM Kema FEB Unpad 2012 dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan EFECT (English for Economist). Peserta akan mendapatkan materi pengantar tentang segala sesuatu berkaitan dengan bahasa Inggris, mulai dari masalah budaya, bagaimana cara berbicara ataupun penulisan, serta bagaimana seseorang membangun kepercayaan diri untuk memulai percakapan dengan bahasa Inggris.

Peserta akan dibentuk kedalam kelompok-kelompok belajar atau diskusi, yang nantinya ditujukan untuk membangun keaktifan dari setiap anggota kelompok diskusi dalam menyampaikan ide yang dimilikinya dalam bahasa Inggris. Hal ini memiliki nilai, peserta dilatih untuk bisa mengembangkan kepercayaan diri dan intelektualitas dengan menstimulus untuk berpikir kritis, solutif, inovatif, dan juga proaktif ditunjang dengan penggunaan bahasa Inggris. Dalam pelaksanaannya, metode pengajaran yang dipakai akan menyesuaikan dengan kurikulum yang dibuat dan setiap pertemuan akan dibuat semenarik mungkin.

Berikut ini adalah jenis metode yang akan digunakan:
  1. Discussion (FGD)
  2. Sharing - Inviting Student Exchange
  3. Sharing-Inviting Foreign Students
  4. Role Play
  5. Debate
  6. Games
  7. Simulation
  8. How to Get Foreign Scholarship (Exchange, Conference, MUN)
  9. Grammar Area


Peserta terlihat aktif dalam berdiskusi (Senin, 14 Mei 2012)
 
Voluntary Program

Setiap dua minggu sekali para peserta English Club yang bersedia menjadi volunteer, bekerja sama dengan EFECT (English For Economist) akan mengunjungi suatu desa, lembaga sosial atau komunitas anak jalanan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak di sana. Peserta yang menjadi pengajar atau volunteer ini akan mendapatkan sertifikat dengan sebelumnya mendapatkan training dan arahan dari BEM Kema FEB Unpad 2012 dan EFECT (English for Economist).

Voluntary Program pertama kali ialah mengajar di Rumah Tahanan (Jalan Jakarta, Bandung). Meskipun tidak langsung berinteraksi menggunakan bahasa Inggris, kami sangat bangga bisa berbagi dengan anak-anak di sana.


Kang Ridwan sedang memberikan briefing sebelum kami masuk ke Rumah Tahanan. (Sabtu, 12 Mei 2012)


Kami bersinergisasi dengan komunitas English for Economist (Efect) :)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar